Sabtu, 29 September 2012

tugas nurman, umj

 1.makan secukupnya (tidak berlebihan)
Dalam Al-Quran surat Al-A’raf:31 Allah Subhanallahu wa Ta’ala berfirman yang artinya “…makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”(QS. 7:31).Salah satu akibat dari makan berlebihan adalah Kelebihan berat badan yang selanjutnya akan memicu timbulnya penyakit-penyakit diantaranya diabetes, stroke, jantung dan penyakit penyumbatan pembuluh darah.

2.Makan makanan yang sehat:
 makanan yang baik, tentunya dari segi ilmu makanan/gizi yaitu makanan yang cukup mengandung unsur-unsur gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air.

3.Tidak mengkonsumsi alkohol dan yang merusak tubuh
 contohnya adalah minuman beralkohol dan rokok , Oleh para ahli, alkohol diketahui dapat menimbulkan kerusakan pada seluruh bagian tubuh manusia, seperti sistem syaraf, pembuluh darah, jantung, hati, saluran pencernaan , termasuk rokok yang sudah nyata menimbulkan kerusakan jantung, pembuluh darah, gigi, dan paru-paru.
4.Menjaga kebersihan 
 umat Islam dianjurkan agar menjaga kebersihan. Kebersihan badan, pakaian, makanan, rumah dan lingkungan yang semuanya ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan.Dengan menjaga kebersihan ini, maka manusia akan terhindar dan berbagai penyakit infeksi, seperti Tipus, Hepatitis, Muntah-berak (muntaber), Disentri, TBC, Pilek, Bronkhitis, Demam bendarah, Malaria, Kudis, Panu-Kurap, AIDS, Siphilis dan lain lain
5.Olahraga
 Olah raga bermanfaat untuk kesehatan. Oleb karenanya, dengan berolahraga yang teratur, terukur dan bersitat aerobik akan memberikan banyak manfaatbagi kesehatan.
6.Istirahat 
istirahat juga berpengaruh bagi kesehatan kita ,tidur dengan durasi  6-8 jam per hari .
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar